Software Management Project

Hai hai sobat semua, di tulisan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang apa sih  Aplikasi Project Management itu ? Langsung saja, cekidotss.. 😀

Pengertian

Manajement Project dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganiasian, pengarahan dan pengendalian atas sumber daya organisasi yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu dan sumber daya tertentu pula. Sementara itu, Project Management Software adalah software yang dibuat untuk mengatur manajemen tugas, waktu pengerjaan dan kerjasama dalam sebuah tim. Maka dari itu Software Manajement Project sangat cocok untuk suatu lingkungan bisnis yang menuntut kemampuan akuntansi, fleksibilitas, inovasi, kecepatan dan perbaikan yang berkelanjutan.

Ada beberapa Tipe Software Project Management diantaranya

  1. Project Management Software Self-Hosted
  2. Project Management Software Freemium
  3. Project Management Software Premium

Di bawah ini saya akan memberikan contoh software berdasarkan tipe software project management diatas.

1. Project Management Software Self-Hosted adalah sebuah project management yang memudahkan kita untuk tidak melakukan hosting di internet. Hosting bisa kita lakukan di komputer pribadi. Contoh software project managementnya adalah Microsoft Office Project.

microsoft project

Microsoft Office Project adalah suatu alat project management yang handal dalam mengerjakan tugas sehari-hari bagi seorang project manager. Microsoft Office project dikembangkan dan dijual oleh Microsoft yang dirancang untuk membantu manajer proyek dalam mengembangkan rencana, menetapkan sumber daya untuk tugas-tugas, pelacakan kemajuan, mengelola anggaran dan menganalisis beban kerja. Microsoft Office Project memberikan keseimbangan antara penggunaan, keunggulan, dan fleksibilitas, sehingga dapat mengerjakan tugas anda lebih efisien dan efektif.

Fitur-fitur yang tersedia di Microsoft Office Project, antara lain sebagai berikut :

  1. Task Management
  2. Export
  3. Chart and Graph
  4. Report
  5. Dashboard, dan lainnya.

Kelebihan

  1.  Menu yang tersedia lengkap
  2.  Mudah didapatkan di pasaran
  3. Multy Platform

2. Project Management Software Freemium adalah software gratis yang berbasis premium. Contoh software project managementnya adalah OpenProject.

open project

Open Project merupakan tools manajemen Proyek yang bersifat gratis atau open source. Open Project mendukung beberapa bisnis proses dari berbagai jenis industri. Sebagai contoh pada bisnis Agency, Translator, IT service Management dan Consultant.

Fitur- fitur yang tersedia di Open Project antara lain:

  1. Overview
  2. Work Packages
  3. Timelines
  4. Agile and Scrum
  5. Wiki
  6. Time and Costs

Kelebihan

  1. Membantu pengguna dalam mengatur projek mereka
  2. Software Profesional Software ini untuk profesional, dibuat oleh profesional.
  3. Pengembangan Software secara terus menerus
  4. Dapat dikembangkan dan fleksibel
  5. Mudah dicustomize dan dikembangkan

3. Project Management Software Premium. .Contoh software project managementnya adalah Collabtive.

collabtive

Collabtive adalah web based project management software yang dibuat oleh Philip Kiszka dan Eva Kiszka pada tahun 2007. Software ini menggunakan proprietary tools seperti Basecamp atau ActiveCollab. Collabtive sendiri ditulis menggunakan PHP5 dan menggunakan user interface berbasis Ajax. Selain itu juga mendukung hingga 30 bahasa berbeda dan terintegrasi dengan web services melalui XML API.

Fitur- fitur yang tersedia di Collabtive antara lain :

  1. To do list
  2. Milestones
  3. Calendar
  4. Messaging/Instant Messaging,
  5. File Management
  6. Role based user permissions
  7. Timetracking, dan lainnya.

Kelebihan

Adanya fasilitas chat built-in di dalam collabtive. Selain itu, collabtive sangat simple dan ringan. Namun fasilitas yang dimiliki collabtive tidak terlalu banyak sehingga hanya cocok bagi minimalis yang ingin merancang sistem khusus untuk kolaborasi saja.

Tabel Perbandingan Fitur Microsoft Office Project, OpenProject dan Collabtive

bb

Kesimpulan

Melihat dari perbandingan tiga Software Project Management diatas, mungkin saya akan lebih tertarik menggunakan Software Project Management Open Project. Alasannya, karena dilihat dari fitur-fiturnya, Open Project adalah aplikasi management terlengkap. Open Project juga merupakan program aplikasi Open Source yang bisa kita gunakan secara gratis atau tidak berbayar. Selain itu, dengan tampilannya yang simple dan elegan, membuat kita merasa nyaman saat menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s